Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina

Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina

by Dapoer Aqiqah

 

Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina

Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina

Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina

TINJAUAN MENURUT RIWAYAT HADIS YANG SAHIH

 

Ada pertanyaan Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina? ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan. Dalam artikel ini akan dibahas Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina didasari dengan dalil atau hadis yang sahih sehingga bisa menjawab rasa ingin tahu anda semua.

 

Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina?

Dalam masalah aqiqah, hewan yang dapat disembelih atau dipergunakan sebagai hewan sembelihan aqiqah hanyalah kambing atau domba, tanpa memandang apakah Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina, sebagaimana riwayat di bawah ini:

Dari Ummu Kurz AI-Ka’biyah, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang aqiqah. Maka sabda beliau SAW, “Ya, untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Tidak menyusahkanmu baik kambing itu jantan maupun betina”. [HR. Ahmad dan Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya, dalam Nailul Authar 5 : 149]

Dan kami belum mendapatkan dalil yang lain yang menunjukkan adanya binatang selain kambing atau domba yang dipergunakan sebagai aqiqah.

Jadi sebenarnya dalam aqiqah diperbolehkan untuk kita menggunakan domba jantan maupun domba betina. wallahu’alam

 

Bagaimana jika belum aqiqah dan mau aqiqah pas sudah dewasa?

Umumnya ibadah aqiqah disyariatkan untuk dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran. Jika tidak bisa, maka pada hari keempat belas. Dan jika tidak bisa pula, maka pada hari kedua puluh satu. Selain itu, pelaksanaan aqiqah menjadi beban ayah.

Namun demikian, jika ternyata ketika dulu masih kecil ia belum dilaksanakan aqiqah oleh ayahnya karena banyak hal atau alasan, maka ia bisa melakukan aqiqah sendiri di saat dewasa. Satu ketika al-Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad, “ada orang yang belum diaqiqahi apakah ketika besar ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri?” Imam Ahmad menjawab, “Menurutku, jika ia belum diaqiqahi ketika kecil, maka lebih baik melakukannya sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh”.

Para pengikut Imam Syafi’i juga berpendapat demikian. Menurut mereka, anak-anak yang sudah dewasa yang belum diaqiqahi oleh orang tuanya, dianjurkan baginya untuk melakukan aqiqah sendiri.

 

HIKMAH dan PELAJARAN dari AQIQAH

Aqiqah Menurut Syaikh Abdullah nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam sebagaimana dilansir di sebuah situs memiliki beberapa hikmah diantaranya :

1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabiyyullah Ibrahim AS tatkala Allah SWT menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail AS.

2. Aqiqah merupakan tebusan hutang anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan. Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan: “Dia tergadai dari memberikan Syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan aqiqahnya)”.

3. Dalam aqiqah ini mengandung unsur perlindungan dari syaitan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.” . Sehingga Anak yang telah ditunaikan aqiqahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan syaithan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Al Imam Ibunu Al Qayyim Al Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari syaithan tergadai oleh aqiqahnya”.

4. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan lahirnya sang anak.

5. Aqiqah akan memperkuat hubungan persaudaraan, keakraban dan ukhuwah islamiyah diantara masyarakat.

6. Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa  Syukur dan gembira dalam melaksanakan syari’at Islam dan  bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.

 

Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina

 

Copyriight Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina

 

Cek JUGA >>>>

 

 

4 comments

  1. […] Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina […]

  2. […] Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina […]

  3. […] >>> Pilih domba jantan atau betina??? cek disini >>> Domba betina untuk aqiqah, bolehkah? […]

  4. […] Aqiqah Anak Perempuan Kambing Jantan atau Betina […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *