Aqiqah Adalah

Aqiqah Adalah

By Dapoer Aqiqah

 

Aqiqah Adalah : Penjelasan lengkap mengenai hal ihwal aqiqah

Aqiqah Adalah

Aqiqah Adalah

Aqiqah Adalah penyembelihan hewan dalam syariat Islam, sebagai rasa syukur sekaligus penebus seorang bayi yang baru dilahirkan. Ini disarkan dari Hadis Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing / domba), diberi nama dan dicukur rambutnya.”
Hadis Riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah &Ahmad

Aqiqah adalah memotong menurut asal bahasanya). Asalnya dinamakan aqiqah, karena dipotongnya leher binatang dengan penyembelihan itu. Ada yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong Ada pula yang mengatakan bahwa aqiqah adalah : Rambut yang terdapat pada kepala si bayi ketika ia dilahirkan dari rahim ibunya, (atau diangkat dari rahim pada operasi SC/sesar … rambut ini disebut aqiqah, karena ia mesti dicukur.

 

Hukum aqiqah adalah …

Hukum aqiqah adalah sunnah mu’akkad. Aqiqah bagi anak laki-laki dengan menyembelih dua ekor domba, sedangkan bagi perempuan dengan menyembelih seekor domba. Apabila mencukupkan diri dengan seekor domba bagi anak laki-laki, maka itu juga diperbolehkan.

 

Siapa yang wajib mengaqiqahkan?

Anjuran aqiqah ini menjadi kewajiban bapak yang menanggung nafkah anak. Jikalau ketika waktu dianjurkannya aqiqah yaitu tujuh hari kelahiran, hari keempat belas atau hari ke duapuluhsatu kondisi orang tua dalam keadaan faqir atau belum mampu melaksanakan aqiqah, maka ia tidak diperintahkan untuk aqiqah. Ini karena Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),

Bertakwalah kepada Allah semampu kalian
(QS. At Taghobun: 16).

 

 

Asal mula Aqiqah

Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” (Hadis Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (Hadis Riwayat Ahmad)

Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” (Hadis Riwayat Bukhari)

 

Hadis Lain mengenai Aqiqah

Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” (Hadis Riwayat Abu Dawud, Nasa’i, Ahmad)

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah ber ‘aqiqah untuk Hasan dan Husain pada hari ke-7 dari kelahirannya, beliau memberi nama dan memerintahkan supaya dihilangkan kotoran dari kepalanya (dicukur)”. (Hadis Riwayat Hakim, dalam AI-Mustadrak juz 4, hal. 264)

Keterangan : Hasan dan Husain adalah cucu Rasulullah SAW.

Dari Fatimah binti Muhammad ketika melahirkan Hasan, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang miskin seberat timbangan rambutnya.” (Hadis Riwayat Ahmad, Thabrani, dan al-Baihaqi)

Dari Abu Buraidah r.a.: Aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, atau keempat belas, atau kedua puluh satunya. (Hadis Riwayat Baihaqi dan Thabrani).

Hukum Aqiqah Anak adalah sunnah (muakkad) sesuai pendapat Imam Malik, penduduk Madinah, Imam Syafi′i dan sahabat-sahabatnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan kebanyakan ulama ahli fiqih (fuqaha).

Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafii dan Hambali dengan mengatakannya sebagai sesuatu yang sunnah muakkadah adalah hadist Nabi SAW. Yang berbunyi, “Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)”. (Hadis Riwayat al-Tirmidzi, Hasan Shahih)

 

Wallahu’alam

 

Copyright @ aqiqah adalah 2016

 

cek juga >>>

 

One comment

  1. reogzzqyzz says:

    uuV5tv sxktjobxfjyo, [url=http://fssoplunkhnp.com/]fssoplunkhnp[/url], [link=http://baqpvmdywnwq.com/]baqpvmdywnwq[/link], http://hycqfqlyfktj.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *